Sejarah

SEJARAH


Forum Halaqoh Quran (FHQ) hadir ditengah-tengah masyarakat Jakarta sejak tahun  1995, dengan berdirinya Forum Halaqoh Quran Masjid Al Hikmah Bangka Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Disusul ditahun-tahun berikut dengan kelahiran FHQ-FHQ yang lain di beberapa masjid besar di kawasan Jabodetabek.  Diantara lembaga-lembaga tahsin dan tahfid yang aktif berkembang dengan aktifitasnya, ada satu FHQ yang cukup fenomenal dan menjadi rujukan oleh lembaga-lembaga tahsin yang terbentuk setelahnya. Forum Halaqoh Quran An-Nashr yang aktif sejak akhir tahun 2007 sampai sekarang sudah melahirkan ratuskan Ahlul Quran.

Gelombang gerakan membumikan Al Quran sekala nasional terus berkembang bak rerumputan tumbuh dimusim semi. Dengan lahirnya Forum Halaqoh Quran dibeberapa wilayah di seluruh penjuru nusantara menjadi tonggak sejarah baru gerakan nasional membebaskan umat muslim dari buta huruf Al Quran. Forum Halaqoh Quran Annashr Bintaro menjadi FHQ Pusat yang dijadikan acuan, baik dari segi Kurikulum, Management Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Management Keuangan, dan Management Penelitian dan pengembangan program. Nikmat ini patut kita syukuri sebagai sebuah capaian keberhasilan membangun sebuah system pendidikan yang bisa menjawab permasalahan pendidikan Al Quran di daerah perkotaan, dan sekaligus ini menjadi sebuah tantangan dimana keistiqomahan dan keikhlasan dalam menjalankan amanah ini dituntut untuk terus dijaga stabilitasnya. Semoga Allah memberkahi dan memberikan taufiq serta inayahnya bagi segenap management dan staff pengajar Forum Halaqoh Quran Annashr Bintaro, untuk senantiasa istiqomah dan bersabar dalam menjalani amanah dakwah ini. Amin

LATAR BELAKANG MASALAH


Hadirnya Forum Halaqoh Quran di Bintaro Kota Tangerang Selatan pada khususnya, dan di beberapa kota serta wilayah pedalaman di seluruh Indonesia pada umumnya ingin menjawab dan menyelesaikan beberapa permasalahan yang secara umum terjadi di masyarakat Indonesia, dan belum terselesaikan dengan baik sampai hadirnya Forum Halaqoh Quran di masing-masing wilayah program. Berikut adalah daftar masalah yang melatarbelakangi perlunya Forum Halaqoh Quran hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia dan menyelesaikannya dengan sistematis masalah-masalah berikut:

  1. Fenomena sulitnya anak-anak remaja untuk lebih dekat dan yaman dengan aktifitas membaca Al Quran.
  2. Fenomena sulitnya bagi masyarakat di usia produktif dan professional mendapatkan fasilitas yang memadahi untuk belajar Al Quran yang terukur, sistematis dan berkelanjutan. Mereka adalah orang yang telah mempunyai kesadaran yang cukup baik akan pentingnya belajar membaca Al Quran, dan butuh tempat yang bisa memfasilitasi semangatnya dalam mempelajari Al Quran. Namun faktanya diusia mereka yang sudah tidak lagi muda, dan sederet kesibukan membuatnya dalam-dalam menimbang untuk memutuskan menjadi Ahlul Quran, mungkinkah?
  3. Munculnya bermacam fikroh dari bermacam organisasi Islam yang tumbuh subur di lingkungan masyarakat perkotaan menjadikan potensi konflik dan gesekan antar umat Islam cenderung meningkat. Butuh alat pemersatu ummat Islam untuk menguatkan sendi-sendi perjuangan Islam.
  4. Sudah hilangnya budaya membaca Al Quran setiap hari.

TUJUAN KAMI


  1. Menghadirkan sebuah lembaga pendidikan Al Quran yang mampu menarik minat anak-anak muda dan remaja untuk aktif dan bersemangat dalam belajar dan mengkaji Tahsin Quran.
  2. Menghadirkan sebuah konsep pendidikan berbasis Al Quran yang terukur capain prestasinya, sistematis dalam penerapan kurikulumnya, berkelanjutan program pendidikannya dan memberikan kesempatan yang sama bagi segala usia untuk belajar Al Quran.
  3. Menjadi wasilah pemersatu umat. Al Quran sangat efektif menyatukan berbagai perbedaan yang dilatarbelakangi dari beragamnya pemikiran dan sudut pandang masing-masing golongan dalam memahami ajaran Islam.
  4. Membentuk masyarakat yang cinta terhadap Al Quran, yang salah satu cirinya adalah dengan senantiasa istiqomah membaca Al Quran setiap hari, semisal satu hari satu juz, menanamkan sikap semangat untuk memahami, mentadabburi dan memaknai Al Quran melalui halaqoh Bahasa Arab, dan bersama-sama mengamalkan apa-apa yang telah difahami semampu bisa diamalkan.